Minggu, 25 Oktober 2009

Tugas Bahasa Indonesia..

Tema : Harapanku kuliah di Pendidikan Bahasa Daerah

Kuberharap Kuberibadah

Bahasa Daerah. Bukan merupakan sesuatu yang asing bagi kita. Bahasa Daerah adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi oleh masyarkat di seatu daerah, dan biasanya merupakan ciri khas daerah tersebut. Indonesia yang multikultur ini mempunyai banyak bahasa daerah, misalnya Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Betawi, Bahasa Papua, dan sebagainya.
Pendidikan Bahasa Daerah (PBD) adalah salah satu prodi di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mahasiswa PBD tidak diajarkan berbagai bahasa daerah di Indonesia, tapi hanya khusus mempelajari mengenai Bahasa Jawa.
Mengingat kita sebagai “orang jawa” telah banyak menanggalkan budaya kita satu persatu. Dimulai dari salah kaprahnya penggunaan Bahasa Jawa yang baik dan benar, hingga kesenian tradisional serta unggah ungguh (tata krama) yang perlahan memudar. Tidak banyak orang yang mau berpikir tentang bagaimana upaya yang tepat untuk memulihkan keadaan, menyelamatkan Budaya Jawa. Kita sebagai generasi muda harus tanggap dengan keadaan.
Berangkat dari ulasan tersebut, saya menuturkan harapanku kuliah di Pendidikan Bahasa Daerah :
1. Bersama-sama menyelamatkan Budaya Jawa, khususnya penggunaan Bahasa Jawa yang baik dan benar.
2. Menerapkan unggah ungguh (tata krama) jawa pada diri sendiri dan mengajarkannya kepada orang-orang disekitarku.
3. Menjadi “perubah keadaan”. Globalisasi bukan alasan bagi kita untuk meninggalkan budaya warisan leluhur kita. Kita harus punya “saringan” yang bermutu untuk menyaring pengaruh-pengaruh globalisasi. Tiada larangan untuk menggunakan Bahasa Asing, namun harus dengan proporsi yang tepat sehingga tidak menyepelekan Bahasa Daerah. Dan juga dalam hal penyaringan kebudayaan asing yang diadopsi. Budaya Asing yang boleh ditiru adalah yang tidak bertentangan dengan Budaya Daerah.

Dan masih banyak harapan-harapan lain yang mungkin tidak saya cantumkan.

Di atas semua harapan-harapanku tersebut, ada satu harapan yang selalu kujunjung tinggi, mengharapkan ridha Allah SWT dalam setiap pengabdianku selama belajar ataupun mengajar (kelak), semoga tetap dalam keikhlasan. Dan aku berharap semua itu adalah ibadahku, yang akan membawa kebaikan bagi setiap orang.

Yogyakarta, 24 September 2009



Rinda Putri Meilantika
(NIM. 09205241069)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kula aturi absen rumiyin...