Kamis, 22 Oktober 2009

Hidup Mahasiswa!! Hidup Mahasiswa Indonesia!!!
Ospek FBS 2009! Wujudkan Saatnya Berkarya!!
FBS! Terus Berkarya, Berkarya Terus!!!
F!! B!! S!! FBS! Huuuuuu maniiiiiissss!!!!

Pekik itu terasa begitu akrab di telingaku. Lima hari sudah aku lalui masa-masa ospek di UNY tercinta. Semua begitu indah. Penuh canda tawa, bersama temen-temen baruku, penuh keGOKILan. Seru banget deh..! Ternyata ospek nggak seseram yang aku bayangkan sebelumnya. Disini aku tidak merasakan ketakutan sama sekali, yang ada Cuma seneng. Hehee.. Ada juga sih rasa capek yang teramat sangat,, abisss ospek mulai jam setengah enam pulang abis maghrib. Duuuhhhh…. Capek bu’..

Yap, aku ada di FBS (Fakultas Bahasa dan Seni), jurusan Bahasa Jawa. Uhui… nguri-uri kabudayan jawi. Heeeheehe. Susah nih nyeritainnya, terlalu banyak cerita seru. Sayangnya, aku belum punya foto-foto ospek. Kemarin nggak sempat pinjam kamera sih. Ya kapan-kapan aku mau ngopi foto yang ada di panitia deh (sok kenal ma kakak panitia nih. Haha).

Hari pertama, Selasa 18 Agustus 2009
Hari ini adlah Ospek Universitas. Agak melelahkan dan menjemukan juga. Semua maba (mahasiswa baru) sebanyak 6000an maba dikumpulkan di GOR UNY. Rame banget. Setiap fakultas mempunyai yel-yel yang khas. Oiya, di UNY tu ada 6 fakultas, yaitu : FBS (Fakultas Bahasa dan Seni), FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), FIP(Fakultas Ilmu Pendidikan), FT(Fakultas Teknik), FISE(Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi), dan FIK(Fakultas Ilmu Keolahragaan). Setiap fakultas juga punya warna sendiri-sendiri (FBS ungu, FMIPA biru, FIP hijau, FT oranye, FISE merah, FIK kuning). Semua kompak dengan warnanya masing-masing. Tapiiiiiii…….ada yang membuatku agak malu, FBS kurang kompak tuh. Slayer ungu nya kok beda-beda, terus ko-card nya juga belang-belang. Uh… malu deh ma fakultas lain yang kompak banget. Gimana sih BEM FBS…?!!! (nyalahin BEM nih).
Acara hari ini Cuma ndengerin pak Rektor ma para Pembantu Rektor lainnya yang ceramah. Huhhh… kagak jelas apa yang dibicarain. Ngantuk deh. Seharian di GOR ndengerin ceramah. Huhuu. Mending ngobrol ma anissah si anak bangka belitung yang asyik itu (apa lagi kalo aku ngomong pake bahasa jawa. Bingung dia. Hahaha).

Hari Kedua, Rabu 19 Agustus 2009
Hari ini hari acaranya Display UKM. UKM = Unit Kegiatan Mahasiswa (Kalo di SMA namanya Ekskul). Di UNY ada buannnyyyak banget UKM, antara lain :
EKSPRESI : Lembaga Pers Mahasiswa tingkat Universitas, mengenai jurnalistik gitu.
KSR PMI UNY : Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia
SERUFO : Seni Rupa dan Fotografi
PRAMUKA : udah tau kan pramuka itu apa…
PSM SWARA WADHANA : Paduan Suara Mahasiswa
IKMK : Ikatan Keluarga Mahasiswa Katolik
SAFEL : mengenai bahasa asing
UKKI : Unit Kegiatan Kerohanian Islam
MAGENTA : Broadcasting “Magenta Radio” 107,9 FM di Area UNY
PMK : Persekutuan Mahasiswa Kristen
MADAWIRNA : pecinta alam gitu
PENCAK SILAT
CATUR
PENELITIAN
KARATE
SICMA : bidang seni musik, sicma band
MENWA : Resimen Mahasiswa, buat yang pengen jadi militer
KAMASETRA : Keluarga Mahasiswa Seni Tradisi
MB CDB : Marching Band Citra Derap Bahana
KOPMA : Koperasi Mahasiswa
UNSTRAT : Unit Studi Sastra dan Teater
KMHD : Keluarga Mahasiswa Hindhu Dharma
TAEKWONDO
ATLETIK
BOLA VOLI
HOKI
JUDO
PANAHAN
SEPAK BOLA
BASE BALL dan SOFT BALL
TENIS
BASKET
BULU TANGKIS

Hari ini lumayan seru lho…!! Cos dari pagi hingga sore kita Cuma disuguh berbagai pentas dari masing-masing UKM. Pokoknya seru abisssss!!! Nggak bisa aku certain satu per satu deh.. Hohoo. Dan kaya’nya aku pengen ikut UKM PRAMUKA deh. Buat persiapan masa depan. Siapa tau aku bisa jadi Pembina Pramuka besok pas aku dah jadi Guru. Amiiiiinnnnn. Kan lumayan tuh buat pengalaman. Dan kebanyakan guru yang dihormati dan dekat dengan siswa itu adalah guru yang sering beribteraksi dengan siswa. Apalagi bidangku adalah bahasa jawa, per kelas paling tidak Cuma 2jam tatap muka per minggu. Nggak cukup buat deket dengan siswa kan?? Maka jadi Pembina pramuka biar bisa deket dengan siswa. (Haduhh…. Mikirnya kejauhan ya). Aku juga pengen ikut AL-HUDA (kalo di SMA namanya ROHIS), Al-Huda itu rohis tingkat fakultas, kalo UKKI itu tingkat Universitas. Gitu. Kemarin sewaktu SMA kan aku pengan jadi anggota OSIS, DA, ROHIS. Tapi berhubung ada something yang membuatku nggak bisa ngelakuin itu, ya aku Cuma bisa ngelamun aja ngebayangin aku ikutan di organisasi itu. Huhuu. Makanya di UNY ini aku akan coba ikut itu. InsyaAllah aku bisa. Amin.

Oiya, hari ini kita diguncang gempa. Temen-temen ngrasain gempa nggak?? Di jogja ada gempa, tapi Cuma kecil + sebentar. Sempat juga ngebuat aku dan temen-temen kebingungan, ini beneran gempa atau pengaruh dari sound effect panggung. Ternyata beneran tadi tu gempa. Alhamdulillah nggak ada apa apa.

Hari Ketiga, 20 Agustus 2009
Hari ini hari pertama Ospek Fakultas. Hari ini udah nggak di GOR lagi. Tapi di ST (Stage Tari) FBS. Acara awal sih agak bosan, ceramah dari Pak Dekan. Huhuu. Tapi setelah itu ada beberapa pementasan, pentas Tari, Pembacaan Puisi. Ada juga acara pembahasan WCU UNY. Yap, mulai tahun ini UNY merintis WCU (World Class Univercity). Wow!!! Semoga sukses!! Lanjutkan!!!!
Oiya, gugusku namanya gugus Siberut. Hari ini Siberut rame lho.. Kemarin-kemarin diem. Sekarang semangat deh!!! Bikin yel-yel yang agak aneh tapi gokil. Tau nggak, siberut tu nama pulau kecil di sumatera sana. Gugus gugus di sini emnag diambil dari nama pulau kecil di Indonesia. Ada buton, muna, taliabu, tanabala, kadapang, mrican, waigeo, dll…

Hari Keempat, 21 Agustus 2009
Hari kedua Ospek Fakultas. Keren abiiissss. Disini masing-masing gugus dipecah jadi empat kelompok untuk mendapat sekelumit tentang : interpreneur, penelitian, leadership, seni budaya. Yap, tak dinyana aku mendapat bagian seni budaya (pas banget!). Uiiihhh di situ kita disuguhi pentas drama tentang kemerdekaan, kelompok teater FBS disebut SALAKA, baru dibentuk kemarin Januari 2009. Keren. Yang ngebuatku mengernyitkan dahi tu mas vincen. Kok ada sih orang kaya’ gitu?? Dia tu super kumuh. Haha. Rambutnya sebokong, dibikin gimbal kaya’ punyyan mbah suri itu lho. Huh. Jijik banget deh. Apa lagi pas dia bikin lukisan pake badannya. Yap, di di atas panggung Cuma mengenakan celana pendek doang. Cat poster terciprat kemana mana. Ngukis tanpa kuas. Pake tangan. Pake Rambut gimbalnya. Huuuhuu. Wajahnya juga penuh cat. Iiiihhhh jijik deh. Tapi keren ngeliat kepedeannya yang nggak semua orang punya. Habis acara ini, masih ada acara Breaking The Limits, dari 20gugus dibagi menjadi 4 kelompok, setiap kelompok menampilkan aksi nya masing-masins sesuai tema yang didapat. Trus ada acara THE WAY OF LOVE. Acara ini ni yang agak-agak macet. Andai aja slide-slide nya lancer, aku yakin ini akan berhasil. Tapi berhubung ada yang salah dengan slide presentasi nya, yaaaa agak garing gitu deh. Jadi nggak usah diceritain deh.

Hari Kelima, 22 Agustus 2009
Hari ini ospek jurusan. Aku tergabunga dalam gugus Timun, di prodi pend.Bahasa Jawa. Gugus yang diketui oleh mas Mario (nama lengkapnya Sumarioto) termasuk gugus yang kalem, sepi, nggak rame kaya’ gugus di tingkat fakultas kemarin. Yap, dominant gugus gugs di bahasa jawa emang kalem-kalem,, anak jawa githu… nggak banyak omong. Hehe.Hari ini aku mengenakan baju kebaya bu tani yang kemari aku pinjam dari simbah-simabh tetanggaku. Pake caping tani. Bawahan pake jarit. Uhhhh… susssah jalannya. Mana di sekitar FBS tu banyak selokan, kalo mau motong jalan harus lompat-lompat selokan gitu. Aku kan paling seneng kalo suruh motong jalan. Tapi hari ini nggak bisa, jadi harus muter-muter cari jalan yang bener. Haha. Sebelnya lagi aku diketawain ma mas titis!! Uh! Sebel deh.. Tapi tetep seneng dong, bangga lho pake kebaya tu. Apalagi ketua HIMA (Himpunan Mahasiswa = di SMA disebut OSIS) nya itu mas apink (sebutan untuk mas Hayu Avang Darmawan, yang dulu adalah muridnya bapak pas di SMP dan juga temennya kakakku pas di SMA). Bangga lho kenal ma ketua HIMA. (Biyasa aja kale). Hari ini aku nunggu nerima hukuman dari SPK, karena tugas membuat macapatnya itu aku tulis tangan, nggak diketik, padahal perintahnya tu diketik. Aku terbuka kok, aku bilang ma mbak nia (pemandu gugus timun) kalo aku ngelakuin kesalahan dalam pembuatan tugas. Berharap ngerasain hukuman dari SPK (biar seru gitu buat pengalaman, masa’ ospek sekali kok biyasa aja. Haha), tapi mbak nia malah bilang “halah rapapa, akeh kancane,, ra penting kok.” . Lho… maksudnya apaan coba. Jelas-jelas aku salah, tapi nggak dihukum. Hee apa mbak nia ngliat aku tadi ngobrol ma mas ketua HIMA, trus dia tau kalo aku dah kenal lama ma ketua HIMA, trus dia nggak mau nglaporin aku ke SPK, trus aku bebas hukuman??? Hahahahaha. Rinda dudul banget sih… masa’ mikirnya kaya’ gitu. Ya enggaklah. Emang banyak kok peserta lain yang nglanggar aturan tapi nggak dihukum. Jadi aku nggak usah GR deh!! Hohoo.

Oiya, hari ini UNY juga di guncang gempa lagi. Sama seperti kemarin di GOR, Cuma sebentar, kecil. Tapi setelah ada gempa kecil itu tiba-tiba mati listrik… Haduh… Sempat panic juga sih,, jangan-jangan bakal ada gempa yang lebih besar lagi nih. Tapi Alhamdulillah semua baik-baik aja.


Uhhh… capek nih nulisnya. Udah dulu ya… Kapan-kapan kalo aku dah dapet foto ospek nya, pasti aku posting deh… Doain aja aku bisa minta foto ma kakak panitia. Okeee???!!

Daaaaaaaaa……..
Hidup Mahasiswa!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kula aturi absen rumiyin...