Minggu, 25 Oktober 2009

Tentangku (part1)

Sekelumit tentangku,
Aku adalah aku. (iaaa iaalaaahhh…!)
Aku adalah seorang perempuan, anak kedua dari pasangan bapak N******n dan Ibu M*****i. Aku lahir di rumah sakit dengan cara vacum (dicomot githu deh… Alhasil kepalaku jadi ‘peang penjol’ gini) pada tanggal yang sangat bersejarah bagi Indonesia, tepat pada Hari Palang Merah Indonesia (kapan? Cari sendiri jawabannya). Yaa… bermodalkan tanggal lahir itu aku berharap aku bisa bekerja di bidang kesehatan (????!!). Setelah merasakan comotan dokter, akhirnya aku juga harus merasakan jarum suntik di kedua tangan dan kakiku. Dokter bilang itu namanya INFUS, ya infus. Atas ijin Allah aku masih bisa bernafas ampe detik ini. Ya, bapak pernah bilang ke aku kalo dulu pas aku lahir menurut dokter ada kemungkinan aku bakalan ‘go to akhirat’. Dan ampe sekarang aku belum pernah menanyakan ke ortuku apa penyebabnya. (heehe...)
Lepas dari masa balita, ibuku mempercayakan TK-A*******h sebagai tempat bermainku. SD M*******n menjadi wahana pelarianku dari TK itu. Bosan dengan acara antar-jemput, aku memutuskan untuk memasuki gerbang SMP * ****s. Kurang lebih 2 kilometer dari rumahku. Setaun kulalui bersama sepeda butut (itu sepeda ibuku ketika beliau masih di bangku smea), dan mulai kelas dua ditemani sepeda biru imut (pemberian bapak karena aku berhasil menjadi juara 1 paralel di skolahku. Hiihii). Kelulusan SMP terasa sedikit menyedihkan (kurang puas dengan juara dua. Hahahaaaa….). Ya, bermodalkan NEM yang paspasan aku mencoba mendaftar di SMA * ****s setelah puter-puter di sekian banyak SMA di daerah sini. Alhamdulillah aku diterima di SMA itu, yang notabene sekolah favorit (kata orang sih gitu….). Setelah diterima di situ pun aku juga harus ikut beberapa tes aneh untuk pendaftaran program ‘akselerasi’. Tes demi tes aku lalui tanpa beban , tanpa kestresan, tanpa keinginan untuk diterima di program yang masih lumayan asing bagiku saat itu,, ga’ terobsesi buat masuk program itu,. Semua ngalir gitu aja. Tak dinyana namaku ada dalam daftar siswa program akselerasi yang ditempel saat pengumuman itu. Setelah speak-speak ma ortu, aku putuskan untuk tidak mengundurkan diri (tanpa berpikir panjang tentang seluk beluk aksel). Akhirnya setelah berikrar di depan ortu dan kepala sekolah aku resmi menjadi ‘cah aksel’. Dan masih dengan kebego’anku, setiap ada orang yang ngasih selamat atau nyindir2 ga’ jelas gitu aku ngrasa aneh gitu, cuma bisa nyengir2 ga’ jelas . ini bukan sesuatu yang amazing menurutku, bukan sesuatu yang membanggakan menurutku, ga’ bangga kan dengan beban yang harus kubawa kesana-kemari. Jadi buat temen-temen, aku masih sama ma kalian kok… (hweeeehee..) . Orang bilang masa yang paling indah adalah masa SMA, tidak begitu berlaku bagiku. Masa SMA emang indah, tapi bukan yang terindah (untuk saat ini). Setelah mencicipi betapa stress nya aku dengan sekolahku, akhirnya aku menyelesaikan soal-soal ujian nasional bersama dengan teman-teman sekelasku dan kakak kelasku. Hanya tinggal menunggu pengumuman kelulusan besok tanggal 13 Juni 2009. Mudah-mudahan yang kuterima kelak adalah yang kuharap kini. Amin. Amin. Amin. (Mohon do’anya….).
[Maaf, banyak sensor, demi kemaslahatan umat.]
Oia…. Sambil nunggu pengumuman aku critain yang lain sekelumit kisahku yang lain ya…
Masa SMA kulalui masih bersama sepeda kijangbimut ku. (NB: bimut = BIru iMUT. Di deket pedal ada tulisan “INNOVA KIJANG”(kebalik ya? Harap maklum, ga’ pake ijin dari pihak yang bersangkutan. Tulisan itu kudapat dari pamanku yang bekerja di pabrik mobil gitu.) iaaa…..aku emang ga’ kaya sebagian besar temen2ku yang merengek-rengek minta motor, sedang aku menolak dibeliin motor ma bapakku. (Ma’ap ya Pak). Ssssttt…… rahasia kecil nih.. ampe saat ini aku belom pernah pake motor sendiri di jalan raya. (jadi muaaluuuu ni ma anak2 SD). Dulu aku pernah berlatih naek motor, pake punyaan kakakku. Bisa sih bisa (saat itu). Tapi lantaran jalan desa (nyalahin jalan), motornya ‘gegriul’ bebatuan gitu. GubraaaakkBrrrrrmmmmm………. (dudulnya aku, udah tau bakal jatoh malah ngeGas). Alhasil tu motor muter2 gitu, tapi aku ga’ papa cuma lecet dikit aja. Lagian, kupikir-pikir aku belom begitu perlu motor kok. Aku masih bisa pake kijangbimut ku, yang bebas polusi, gesit (bisa mblasak-mblasak), irit (bensin mahal siiiiihh, uangnya kan bisa buat bayar utang mamak di warung, hehee.. maap ya mak.), dan yang pasti sekalian olah raga, gitu. Semua ngalir aja… Besok aku kuliah pake apa?? Masih ada bis kan? Kalo bisa sih dapet kossan yang deket, biar bisa pake kijangbimut ato jalan kaki. Plus,, kalo bisa sih ketrima di fakultas yang disini, yang deket rumah gitu (4-5 kilo gitu dari rumah), kan enak tuh… (Ortu juga pengennya kaya’ gitu. Doain ya..)
Tteeettereeeetttt…. (Pergantian topik)
Kisah laennyaa..
Aku punya temen baru. Sebenernya sih ga’ baru, tapi baru-baru ini aku tau kalo dia tu temenku (aneh.). Gini lho..
Aku sering nyebut dia skoli. Ya, Allah mengirimkan dia untuk menemani hari-hariku. Dia datang padaku sejak 2 taun lalu. Awalnya aku cuek-cuek aja. Tapi lama kelamaan aku merasakan kehadirannya sangat mempengaruhi hari-hariku. Dan akhirnya aku mencoba mencari tau tentang dia, dan menceritakannya kepada kedua ortuku. Awal taun 2009 ini aku berkenalan dengannya. Ya, bukan nama yang asing bagiku, mungkin anak SD juga kenal. “Mbak, lihat bagian yang bengkok ini, ini namanya skoliosis. Belum ada obat penyembuhnya, tapi bisa diterapi untuk mencegah bertambahbengkoknya tulang punggung.” Itu yang dikatakan Dokter Agus seusai memeriksa dan melihat hasil rongent ku. Usahaku buat membendung air mata ga’ berhasil. Hukz. (cengeng. Di depan dokter, bapakku, + beberapa orang yang menunggu antrian, untuk sesaat aku lupa kalo aku adalah anak SMA yang berusia 16 taun). Taun baru yang indah. Setelah seharian aku kaya’ orang gila (nangis2 ga’ jelas di kamar, ga’ mau maem, ga’ mau mandi), akhirnya aku dapat menerima si skoli itu jadi temenku. Sekarang aku adalah skolioser (nama gaul buat penderita skoliosis. Keren kan?? Haaha). Sempat aku menjalani terapi akupunktur di Rumah Sakit dimana Dokter Agus praktek (satu-satunya rumah sakit di daerahku yang memberikan layanan akupunktur.) Tapi sekarang udah ga’ terapi lagi (cuma betah delapan kali terapi). Aku juga ga’ tau kenapa ortuku sekarang ga’ pernah lagi membawaku ke tempat terapi, mereka ga’ pernah lagi ngomongin tentang terapiku, aku juga ga’ pernah merengek2 minta terapi lagi. (Ya udah, skoliosis sih skoliosis, tapi ga’ usah lebai gitu. Derajat kurvanya masih ringan kok. Heehe). Sekarang aku rajin cari artikel ato cerita2 tentang skoliosis di internet, aku salut banget ma ceritanya Mbak Hanum yang dengan kekurangannya dia bisa mendapatkan kelebihan. Keren. Ajarin aku kaya’ gitu dong Mbak..) Pengen gabung di MSI, tapi kapan2 aja deh. Oia.. sebagian temen2ku udah tau tentang skoli ku, apa adanya gitu, kalo ditutup2in bisa bikin orang lain kecewa kan? Betul?? Udah ah, capek…
Bersambung…..

Oia.... tement tement, sebenernya tulisan ini udah aku buat beberapa bulan yang lalu, setelah aku tes SM 1 UNY. Tapi maaf, baru bisa diposting sekarang, lupa nyimpen filenya dimana. Hehee.. Ya kapan-kapan disambung lagi dengan ceritaku di perkuliahan UNY. Uke??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kula aturi absen rumiyin...