Rabu, 15 Juli 2009

Ga' sekedar ngomong (part4)

Fokusss...!!


Kita tidak akan membahas tentang salah satu acara berita di tipi. Tapi yang akan kita bahas adalah bagaimana cara untuk memfokuskan pikiran kita pada suatu hal, sehingga kita dapat meraih tujuan kita. Yaps… Seringkali kita mandheg saat mengerjakan sesuatu. Hanya karena kita tidak bisa fokus pada suatu hal. Kalo di hitung-hitung, buanyak banget ide-ide brilian, gagasan jitu, rencana menarik, atau sekedar keinginan kecil dalam benak kita, namun kita belum mampu mewujudkannya ke dalam suatu realita.


Nah, berangkat dari masalah itu, di sini dituliskan steps untuk bisa “fokus”.


Kaping setunggal,

Identifikasikan hal-hal apa saja yang rasanya harus dilakukan. Tuliskan saja apa-apa yang kita rasakan harus dilakukan. Fokus dulu ke perasaan kita. Karena perasaanlah yang merasa terbebani. Tuliskan saja.


Kaping Kalih,

Sama halnya dengan langkah pertama, tetapi kita mulai menggunakan pikiran dan arsip. Jadi tidak hanya mengandalkan perasaan saja. Sekarang tanyakan, apa saja yang harus saya lakukan. Periksa arsip kita, memo, email, surat, atau catatan ide kita, termasuk apa yang kita ingat.

Lakukan langkah pertama dan kedua ini sampai habis. Semua hal yang harus dilakukan sudah pindah ke dalam kertas. Kedua langkah ini akan mengurangi beban pikiran kita, sebab semuanya sudah pindah ke dalam kertas.


Kaping tiga,

mengambil keputusan. Bacalah semua hal yang harus kita lakukan tadi. Putuskan:

  • Mana yang harus kita lakukan sekarang juga. Biasanya pekerjaan yang sebentar yaitu kurang dari dua menit.
  • Mana pekerjaan yang harus dilakukan segera. Penting tapi waktunya cukup lama.
  • Mana pekerjaan yang ditunda atau dijadwalkan.
  • Mana pekerjaan yang bisa kita hapus atau dibatalkan. Usahakan kita membatalkan pekerjaan sebanyak mungkin.
  • Tandai juga hal-hal yang ternyata bukan pekerjaan atau tugas. Biasanya hanya sebagai referensi.


Saat memeriksa dan mengambil keputusan, selalu bertanya, apakah pekerjaan ini memberikan dampak yang besar bagi saya? Mana yang paling memberikan manfaat? Apa jadinya jika pekerjaan ini dibatalkan? Kapan waktu yang tepat mengerjakannya?


Bingung?? Anda bingung dalam mengambil keputusan? Don’t worry! Saat bingung, berhentilah dulu. Kemudian tenangkan diri Anda, bisa dengan shalat dulu, membaca al Quran, dzikir, bermain, dan hal-hal lain yang membuat kita rileks. Biarkan pikiran bawah sadar kita yang bekerja. Setelah itu coba lihat lagi daftar pekerjaan kita. Analisa kembali sampai kita mampu memutuskan.


Mungkin masih bingung. Jika bingung, gunakan feeling. Jika kita sudah memiliki visi dan visi itu menjadi bagian hidup kita, maka feeling kita akan mengarahkan hidup kita ke arah yang sesuai dengan visi kita. Jika ragu terhadap suatu pekerjaan, masukan saja ke dalam kategori “ditunda”.


Pisah-pisahkan pekerjaan yang harus dilakukan sekarang, segera, terjadwal, ditunda. Fokuslah pada pekerjaan sekarang. Ambil tindakan cepat untuk menyelesaikannya. Lupakan pekerjaan lain. Kita tidak perlu khawatir dengan pekerjaan lain sebab sudah kita simpan pada sebuah sistem “di luar” kepala kita.

Review kembali daftar ini setidaknya seminggu sekali karena pasti banyak mengalami perubahan. Ambil lagi keputusan, mana yang akan menjadi fokus. Lakukan terus menerus.


Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kula aturi absen rumiyin...