Jumat, 03 Juli 2009

Auw Auw Auw...

“Maaaasssss……!!!” Jam di rumahku emang unik. Ngaret. Ngaret. Ngaret. Bukan jam nya sih, tapi orang-orang yang melihat jam itu. Rencana semula, berangkat tepat jam setengah enam pagi. Gara-gara nggak berani mandi (diiiingiiiiiinnnnn banget bo’), jadwal pemberangkatan molor satu jam. Wuuuaa,, tepat jam setengah tujuh aku pamitan ma ortuku. Kaya’ orang di rumah sakit yang resah dan gelisah ningguin kelahiran bayi, aku di belakang masku tengok kanan kiri,atas bawah, mlotot, mringis, mrengut, diem, sibuk tengak-tengok jam di tangan. Bibirku komat kamit, baca apa pun doa dan surat-suratan yang ada di otakku. Sesekali ingin rasanya aku menendangi pengendara kendaraan lainnya di depanku yang bikin jalan macet, atau meminjam pensil warna hijau milik adekku buat mewarnai lampu merah yang dari tadi ga’ mau mati, atau bikin proposal ke pemerintah untuk mengganti “bunderan UGM” menjadi “jalan lurus UGM”. Siapa yang ga’ gelisah coba… Berangkat dari rumah jam setengah tujuh, menuju ke jogja tepatnya di gedung FMIPA UNY, sedang ujian nya dimulai pukul setengah delapan, plus aku belum tau dimana ruangan ujian ku. Adoh. Dengan kesabaran tingkat tinggi, akhirnya aku nyampe halaman FMIPA. Setengah delapan kurang lima menit!!! Ops… “Pak, Gedung FMIPA bagian B di sebelah mana ya?” satu pertanyaan kulemparkan ke setiap satpam dan tukang parkir yang kutemui. Jawabannya cuma satu : acungan tangan ke arah timur, tanpa suara. Ga’ jelas banget!! Ku putuskan untuk mengikuti arah yang ditunjuk mereka. Akhirnya kutemukan kertas putih bertuliskan “Gedung B” dan tanda anak panah. Lariiii..!!!! Kaya’ kangguru nggendong anak di kantungnya. Tasku kugendung di depan dada, di depan tas aku bawa helm (ya, pulang ujian nanti aku harus ngemis cari tebengan, masku ada kuliah sore.). Bingung. Banyak pintu. Banyak peserta ujian yang lain. Berhenti. Lihat sekelilingku. Seakan kedatangan pahlawan, ada dua cowok lewat di depanku. Spontan aja, aku ikuti mereka dari belakang. Ternyata mereka juga kebingungan cari ruang ujian. Setelah muter-muter di lantai satu sambil lari-lari, mereka menemukan kertas yang ditempel di pojok pintu, daftar ruang + penghuninya. Alhamdulillah. Secepat kilat aku cari nomor ruangku. 291 Lantai dua. Diem. Cepet cari tangga dudul…!!! Dimana tangga nya!! Sekali lagi, aku ngikutin gerombolan orang-orang yang ga’ kukenal. Alhamdulillah, ada tangga! Larii..! Fuihhh… ga’ jauh dari tangga ada pintu bertuliskan 291. Itu ruanganku. Alhamdulillah. Satu menit sebelum bel masuk berbunyi. Horeee…!!!

……..
Aku kerjakan soal demi soal. Lumayan. Sedikit mudah. Banyak susah. Auw Auw Auw. Seperti biyasa. Ada yang datang. Yang ga’ mau diajak kompromi, saat ujian sekali pun, diya ga’ mau diajak kompromi. Yaps… Skoli ku. Kuakui, amat sangat tidak nyaman duduk di kursi ini dua jam. Seakan si skoli bertereak tereak. Atiiiitttt. Auw Auw Auw . Mungkin ini bisa jadi gaya terbaru mengerjakan ujian, sambil mringis-mringis dan sesekali menggeliatkan punggung. Ga’ Cuma skoli yang datang, gejala anemia ku juga ikut-ikutan nimbrung. Wuiiihh… rame banget nih ada acara reunian. Ya, mencoba cuek dengan skoli dan anemi, sambil mencoba mencari jawaban yang tepat, batinku terus-terusan baca surat Al-Fatihah. Entah dapat ide dari mana aku lakuin itu.
…….

“Mbak Niss… nebeng dong” sms dikirim. “Wokay. Tapi ntar ya, nunggu sepi” sms diterima. “Taktunggu di depan ya”sms dikirim. “ioh” sms diterima.
Aku salut deh. Mereka setia nemenin aku. Skoli ma anemi. Auw Auw Auw. Sepanjang perjalan pulang pun mereka masih nemenin aku. Sampai aku tertidur di amben kamarku.

……..
Ujian hari kedua.
Bangun jam setengah lima pagi. Mberesin keperluan yang harus dibawa nanti. Jam lima lebih sedikit. Bismillahirahmanirahim. Byurrr.. Bbrrrr… Anget-anget dingin. (kali ini harus mandi pake aer anget). Jam 6 lebih sedikit. Udah cantik. Let’s go!! Di sepanjang jalan cuma ada satu kesan, dingiiiiinnn. Walo pun kedinginan, tapi diya masih setia nemenin aku. Skoli. Ya, sejak kemarin diya nemenin aku. Tapi si anemi udah pulang ke rumahnya. Udah biyasa sih, kalo aku kecapekan, stress, ato kelamaan duduk ato berdiri si skoli suka nyanyi nyanyi ga’ jelas gitu. Atit. Auw Auw Auw. Ssssttt…. Udah sampai nih.
…..
Auw Auw Auw. Akhirnya ujian slese. “Subhanallah… Betapa Agungnya Allah telah menciptakan manusia yang berakal lagi pintar, sehingga manusia itu bisa membuat soal soal yang begitu indah lagi rumit.” sms dikirim. Yaps. Aku ngadu ke bapak. Intinya sih aku ga’ lancar ngerjain ujian kali ini. Hiks Hiks Hiks. Tapi aku ga’ ngadu tentang Auw Auw Auw ku. Heehe.
…..
Ayo pulang… Aku pengen bobok. Auw Auw Auw.


Yaps. Tinggal nunggu hasil pengumuman. Doaku, “Jika UNY adalh jalan terbaikku, ijinkanlah aku diterima. Namun jika itu bukan jalan terbaikku, tunjukkan jalan mana yang merupakan jalan terbaikku. Amin. “

Hhhhmmm. Udah jam setengah dua dini hari. Aku masih ngetik ini buat di posting besok. Uhf.. Auw Auw Auw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kula aturi absen rumiyin...