Jumat, 20 November 2009

Perjalanan tak berujung!! Mudik sendirian?? Kesasarrrr...!!!

Krik…krik…krik..
Rasanya sudah sejam aku mondar-mandir dikamar ini, padahal baru sekitar lima menitan. Wuzz… Angin meniupku ketika aku berjalan ke kamar mandi, jilbabku tersibak. Sesampai di kamar mandi, upsss…aernya entong!! Uh… yaudah, aku cuma gosok gigi plus cuci muka aja. Kembali ke kamar, ambil baju ganti. Terus kembali ke kamar mandi, ganti baju. Udah selesai. Balik lagi ke kamar. Ndeprok. Berdiri lagi. Diluar sana hujan deres…! Di dalam sisi aku kebingungan. Pengen mudik sih, tapi.. Hmmm, udah jam tiga lebih beberapa menit. Hari ini tak seperti biasanya, aku yang biasanya mudik nebeng masku, sekarang ga’ bisa, soalnya dia hari ini ga’ berangkat kuliah. Lantas…aku disuruh pulang sendiri. What???!! Ga’ ada tebengan ke wates! Jadi, aku harus melakukan sesuatu yang sama sekali belum pernah kulakukan. What’s it?? NgeBis!!!! Oke, aku harus membulatkan tekadku untuk memijakkan kakiku di dalam bis. Tapi… Apa aku bisa? Apa aku berani? Gimana kalo aku nanti kesasar? Gimana kalo aku ilang? Huss…pikiranku aneh-aneh. Secara aku belum pernah ngebis sendirian.. Jangankan dari joga sampe wates.. Lha dari alun-alun wates sampe rumahku tawangsari aja aku ga’ berani naek angkot. Bayangkan betapa takutnya aku untuk memulai perjalanan ini. Huh. Beberapa menit kemudian, hujan sedikit reda, masih gerimis sih. Aku udah siap. Tinggal pake sepatu aja. Di depan kamar aku ndeprok lagi. Rasanya bimbang banget. Antara melanjutkan perjalanan atau kembali ke kamar dan tidur. Tulilit tulilit…hapeku berbunyi. “Dhek, ngko nek wis terang sms yo..” sms dari masku. Yaps…dia mau njemput aku. Hmm…setelah dipikir-pikir, aku putuskan untuk melanjutkan perjalanan dengan mengantongi uangku yang tinggal sebelas ribu rupiah. Batinku, ini akan jadi pengalaman ngBis pertamaku, plus aku akan bikin kejutan buat orang rumah. Hehee. Ambil payung. Lanjutkan!
Tiba di depan maskam UGM, tempat dimana kata dia disitu tempat buat ngadang bis. Di nyuruh aku naek bis jalur 15 sampe Gamping, trus ke watesnya bisa naek jogja-wates atau bis gedhe patas gitu. Oke. Aku lakukan. Nunggu bis. Penuh kekhawatiran yang luar biasa. Ga’ lama aku berdiri di situ, bis jalur 15 datang, aku naek. Fiuuhhh…aku duduk terdiam di dekat jendela. Apa yang akan saya lakukan? Diam. Aku masih dipenuhi rasa was-was. Kuputuskan untuk menenangkan hati, aku baca al-ma’surat aja. Udah selesai satu kali, aku ulangi lagi dari depan. Belum juga sampai di tengah bacaan, si kenek njawil-njawil aku, oia…aku belum mbayar ya. Ops. 2500 melayang ke tangannya. Udah agak ga’ mood lagi buat nglanjutin baca al-ma’surat. Aku smsan sama si dia yang jadi petunjuk arahku. Haduh…tiba-tiba perutku mules. Tolelelet eolelelett…Ibuku telpon, beliau bilang kalo mas rendy bakalan njemput. Ops… Aku bilang aja ga’ usah di jemput sekarang soalnya masih hujan deres. Trus aku putus telponnya. Hmm… aku kan pengen kasih kejutan. Tolelelettt… ibuku telpon lagi, beliau Tanya sekarang aku ada dimana, ya aku ga’ bisa boong lah. Aku bilang aku dah di dalam bis. Hehee. Haduh, ga’ jadi bikin kejutan dong nih.. Ah. Hiks.hiks. Dalam kegelisahan dalam batinku membaca surah al-fatihah. Terus aja kaya’ gitu. Hingga akhirnya aku melihat tulis gamping gamping gamping di pinggir jalan. Hmm…aku bingung aku harus turun dimana. Kata dia ntar si kenek bakalan teriak-teriak gamping gamping gitu, trus aku turun. Tapi sedari tadi si kenek diem aja. Aku kan ga’ ngerti jalan, ntar kalo aku turun disini trus aku salah jalan gimana? Aku bingung. Hmm…bis berhenti, semua penumpang turun, kecuali aku yang masih sok cool dalam kebimbangan. Huh… ah ikut-ikutan turun aja lah. Bismillah, aku turun. Hup.
Hujan masih deres. Mmmm…kata dia aku suruh nyebrang ke selatan, trus car ibis ke wates. Lhah…aku kan turun di pertigaan, aku ga’ ngerti mana utara selatan barat timur, yang kutau cuma atas bawah. Aku lari lari kecil nyebrang ke tempat yang teduh. Ga’ tau meski ngapain. Tiba-tiba aja ada bis jogja-wates berhenti di depanku, aku langsung naik tanpa berpikir panjang lagi. Hehee. Setelah beberapa menit aku duduk di deket jendela, aku terbengong-bengong, tadi kan jalan wates km 5, harus nya km nya semakin gedhe, tapi kok ini semakin kecil. Opsss…. Ya Allah… aku salah arah. Hrusnya tu aku nyebrang ke sisi yang lain, bukan kesitu tadi. Ini mah aku kembali ke jogja. Haduh… Mau turun tapi dah terlanjur jauh aku berjalan, aku kan ga’ ngerti jalan. Hiks.hiks. Aku cuma bisa nahan perutku yang semakin mules. Sambil smsan ma si dia, ngadu ke dia kalo aku kesasar. Dia panik juga. Rinda…rinda.. Rinda kok o’on gini ya, batinku. Aku juga sms masku, bilang kalo aku salah arah. Hahaa. Dalam kegelisahan yang dahsyat ini aku masih mencoba buat ketawa. Sampai di terminal Giwangan. Semua penumpang turun. Tinggal aku yang polos tengak-tengok kanan kiri, semua turun, haruskah aku turun? Hiks. Aku ga’ ngerti. Dhek, mau kemana? Tanya bapak tua yang ada di sudut sana. Wates,pak. Jawabku singkat dengan dipenuhi rasa malu yang gueeedheee banget. Oooo.. jawab bapak itu. Membuatku semakin bingung, apa maksudnya? Terus aku Tanya lagi, bisa kan pak?? Beliau jawab, ya ntar ikut yang gamping aja, bisa. Hmmm…agak lega sih, tapi tetep aja ga’ ngerti apa maksudnya. Duhh..
Tataraaaa…. Bis puter-puter jalan yang ga’ aku mengerti. Ternyata aku sampai di tempat yang tadi dimana aku turun dari bis jalur 15. Semua turun lagi. Hiks.Hiks. Aku turun ga’ ya..? Si bapak tadi njawil aku, Dhek mau ke wates kan, turun disini terus naik bis yang itu lho yang di depan yang warna biru jogja-wates. Oooo….gitu to.. Ya,pak.. Matur nuwun,pak.. Hup. Aku turun. Masih gerimis, Lari-lari kecil ke bis yang dimaksud bapak tadi. Di depan bis ada bapak-bapak yang teriak Wates-wates gitu. Wowww… seakan aku mendapat barokah, mataku berbinar-binar. Dengan semangat 45 aku naik bi situ, duduk di deket jendela lagi. Liat tetes-tetes hujan di luar sana. Hmm.. Alhamdulillah..batinku. Bis melaju. Waktu dah menjelang maghrib. Dalam bis gelap, ga; ada lampu. Aku ga’ bisa baca al-ma’surat lagi. Yah.. aku cuma bisa melafalkan al-fatihah, kali ini ga’ lagi dalam hati, ini benar-benar aku lafalkan pelan-pelan, sebagai wujud syukurku. Hmm…
Sampai sentolo. Aku sms orang rumah, meyakinkan bahwa aku tidak hilang. Hahahahaa.. Aku seneng bangettt.. Aku lanjutin baca al-fatihah sambil senyam-senyum, ga’ peduli apa yang diobrolin para penumpang yang berisik itu. Aku cengar-cengir, kadang juga senyum sendirian sambil melongok keluar. Bodo’ amat lah, disini kan gelap, ga’ keliatan aku ngapain, apalagi aku kan kulitnya gelap, jadi enjoy aja. Hehee…
Turun di depan terminal wates. Menghela nafas panjang. Syukurku tak henti. Aku seneeeeenggg banget, akhirnaya kau sampai wates juga. Aku sms masku, suruh njemput di depan rumah makan saiyo sapto. Aku jalan kaki sendirian dalam remang-remang lampu jalanan. Ada dua pria tengah baya yang menghampiriku sambil membawa motor dan mengulurkan helm ke arahku. “Dhek, kok dhewekan, arep nandi? Kene takterke” ucapnya. Mboten, matur nuwun. Huhhmmm aku ga’ ngerti lagi deh itu tukang ojek atau orang iseng atau apa. Huh. Ga’ lama aku duduk di tepi jalan depan rumah makan saiyo, masku datang sambil ketawa, ga’ salah lagi ngetawain adheknya yang hampir ilang. Hahaha. Aku ikutan ketawa juga. Disepanjang jalan aku ma dia Cuma ketawa-ketawa ga’ jelas gitu. Hahaa.
Sampai di rumah. Tataraaaaaaa….. mamak bapak aku tekan ngomah!!!! Aku teriak-teriak ga’ inget kalo itu dah menjelang isya’.. Udah kaya’ pemenang marathon tingkat internasional. Suheri banget… Sungguh heboh sendiri. Pokoknya kau seneng banget. Hari ini hari paling berkesan. Belum juga aku lepas sepatu, aku langsung ambil telpon, aku hubungi si dia yang sedari tadi nemenin aku dalam perjalanan hebohku. Tiga kali di telpon, ga’ diangakat. Ops… aku baru inget, dia kan sedang kenduri. Yaudah aku ganti baju dulu. Sekitas setengah jam kemudian aku telpon lagi, cerita panjaaaaangggg tentang kisahku tadi.. Hahaaa. Makasih ya mas…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kula aturi absen rumiyin...