Senin, 22 Juni 2009

Ga' sekedar ngomong (part1)

(semoga)
…..
Bangun jam 05.30, menuju kamar mandi, pipis. Balik ke kamar, betulin selimut, merem. Bapak datang, ketok-ketok pintu kamar. Terbangun, senyum. Bapak menuju teras. Tidur lagi, badan dibungkus selimut. Beberapa menit kemudian, Ibu datang, tepuk-tepuk badanku, terbangun. Ibu kembali ke dapur. Aku lipat selimut, tiduran bentar, tertidur. Jam 06.00 Bapak datang, serasa gempa bumi pintu kamar digebrak-gebrak. Melek. Secepat kilat beresin kamar (takut kena omelan bapak lagi). Melesat menuju keran di halaman tengah, wudhu, sholat subuh. Momong adek bayi. Nganterin adek ke sekolah. Maem sambil nonton tipi, sambil smsan, sambil baca-baca soal (ga’ nyantel). Momong adek bayi, sambil lipat-lipat baju. Jemput adek. Bobok. Dhuhur. Menjelang sore, mandi (cukup satu kali sehari). Momong adek bayi sambil nonton tipi. Maghrib. Sibuk di depan gatged, bikin artikel ga’ penting ato edit foto ato ngGame.
…..


…..
Byar… Lampu tiba-tiba nyala, Bapak yang nyalain. Aku ngilir, masih jam 04.00. Lampu mati lagi. Brek. Bobok lagi dah. Klothak-klothek… Adikku mukul-mukul piring pake sendok di deket kupingku. Ya, dia anak TK, jam 6pagi udah siap sarapan. Terpaksa aku bangun, berduyun sempoyongan menuju kamar mandi. Liburan gini bikin males bangun pagi. Sholat subuh. Sarapan. Nganterin Aadek sekolah. Cuci baju. Nonton tipi sambil momong adek bayi. Jemput adek di sekolah. Nonton tipi lagi sampil otak atik di depan gatged, ngeGame. Ketiduran. Lupa sholat dhuhur. Bangun. Momong adek bayi. Mandi. Sholat ashar. Maem. Nonton tipi. Maghrib. Otak atik di depan gatged sambil smsan, sesekali buka kumpulan soal SPMB, corat coret. Ketiduran.
…..


Itu sejimpit cerita sehari hari, di saat liburan sekolah. Penuh dengan kemalasan. Ga’ ada semangat untuk menatap hari yang cerah. Entah, cerita seperti itu banyak dijumpai dikalangan remaja saat ini. Rasanya, untuk mengerjakan sesuatu yang serius dan bermanfaat itu berat. Bahkan untuk belajar. Apalagi banyak godaan di sana sini. Hari-hari dilalui dengan sia-sia. Seakan sama sekali ga’ ada motivasi untuk menjadi AKU yang lebih baik dari hari kemarin.

Bicara mengenai motivasi, akan kita ulas sekelumit mengenai motivasi yang menghantarkan kita ke pintu gerbang kesuksesan. Semoga.

Aku menulis ini bukan karena ingin menggurui teman-teman, tapi mari kita belajar bersama-sama untuk meningkatkan motivasi kita. Karena akhir-akhir ini aku sering diserang penyakit “malas”. Rasanya setumpuk beban memberati punggungku (lebai . mode:on). Padahal di depan san amasih banyak hal-hal yang perlu dirapikan. Salah satunya, belajar. Selesai ujian bukan berarti melupakan pelajaran. Malahan aku masih punya tugas mencari bangku kuliah. Ya. Dengan menbaca artikel-artikel tentang motivasi belajar dan menulis sekelumit ulasan tentang itu, aku berharap ini bisa menjadi media pembelajaranku yang baru. Menstimulus otakku untuk mengingat, bahkan (kalau bisa) melakukan apa yang pernah aku baca dan aku tulis (jadi aku menyuruh diriku sendiri untuk “ga’sekedar ngomong”) untuk proses kedewasaanku (maklum, aku masih kekanak-kanakkan banged).
Semoga. Amin.

Kenapa harus ada motivasi belajar?????
(to be continued)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kula aturi absen rumiyin...